Tifus Pada Anak

Demam tifoid atau tifus abdominalis merupakan penyakit infeksi perut yang masih banyak ditemukan pada anak dan orang dewasa. Penyakit ini mulai sering ditemukan pada anak setelah usia 2 tahun. Tifus abdominalis adalah infeksi yang mengenai usus halus, disebabkan oleh kuman Salmonella typhosa. Penularannya melalui makanan dan air minum yang tercemar oleh kuman tifus. Dengan pengobatan yang tepat penyakit ini dapat disembuhkan, komplikasi biasanya timbul bila pengobatan terlambat diberikan.

Gejala Tifus

Berikut ini adalah gejala-gejala tifus :

1. Demam lebih dari 1 minggu yang biasanya dimulai dengan demam ringan, yang berangsur-angsur meningkat, biasanya demam turun pada pagi hari dan meningkat lagi pada sore dan malam hari. Bila penyakit berlanjut, demam akan terjadi terus-menerus baik pagi, siang, atau malam.

2. Gangguan pada saluran pencernaan dapat berupa diare atau sembelit

3. Anak tampak lemah, lesu, tidak mau bermain dan tidak mau makan

4. Nafas berbau tidak sedap

5. Bibir kering dan pecah-pecah

6. Lidah putih kotor (coated tongue)

7. Ujung dan tepi lidah kemerahan

Biasanya jika anak telah mengalami panas lebih dari 5 hari, demam naik-turun, dan suhu tubuh di malam hari lebih tinggi daripada siang hari, dokter akan menduga adaya demam tifoid karena penyakit ini sering ditemukan di Indonesia. Namun, untuk memastikan apakah ini demam tifoid atau penyakit lainnya, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium. Bila pemeriksaan laboratorium mendukung adanya infeksi salmonella, dokter akan memberikan pengobatan untuk tifus yang harus diberikan sampai selesai. Ikutilah dengan tepat pengobatan itu sesuai petunjuk dokter. Dengan pengobatan yang tepat biasanya demam mulai turun setelah 3 hari pengobatan, bila tidak ada komplikasi. perlu diingat bahwa obat harus diminum sampai selesai atau sampai habis sesuai petunjuk dokter.

Komplikasi jarang terjadi tetapi dapat berakibat fatal. Bila pengobatan terlambat, kuman salmonella yang berdiam di usus halus akan beredar ke dalam darah dan menyebabkan infeksi organ tubuh lainnya (biasanya selaput otak dan paru-paru) atau menyebabkan terjadinya kebocoran usus yang menyebabkan perdarahan dalam rongga perut sehingga proses penyembuhan semakin lama.

Penanganan Tifus

Penanganan yang dapat dilakukan adalah :

- Istirahat irah-baring

- Habiskan antibotika yang diresepkan sampai tuntas sesuai petunjuk dokter

- Atasi demam dengan obat penurun panas

- Diet makan lunak seperti bubur atau nasi lembek

- Hindari makanan yang merangsang seperti asam, banyak serat, cabe


=====================================

>>> Kapsul Herbal Tipes Untuk Mengobati Penyakit Tipes, Antibiotik, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Sekaligus Meredakan Gejala-Gejala Yang Menyertainya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Typus and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>